Press "Enter" to skip to content

20 Tips Jitu Memulai Bisnis Baru Bagi Pemula

2
18 / 100 SEO Score

Setiap orang memiliki keinginan untuk menjadi sukses . Banyak dari mereka yang meraih kesuksesan tersebut dengan memulai bisnis. Tetapi memulai bisnis bukanlah perkara yang mudah. Banyak sekali rintangan dan tantangan yang menghadang ketika kita memulai bisnis. Sehingga banyak sekali orang yang memutuskan untuk tetap menjadi pekerja atau karyawan yang memiliki penghasilan tetap. Itu adalah zona nyaman yang membuat anda berhenti berkembang. Untuk itu, mulailah membangun bisnis anda sendiri, dimana andalah yang menjabat sebagai bosnya.

Berikut Adalah Tips Jitu Untuk Memulai Bisnis Baru Menurut Ahli Yang Dirangkum Oleh BisnisUang.Com :

1. Ubah Mind Set

Kebanyakan dari kita, berpikir bahwa lebih enak bekerja sebagai karyawan karena memiliki penghasilan tetap. Pernyataan itu sangat benar. Tetapi kita tidak tahu kapan perusahaan berhenti membutuhkan kita. Perusahaan memfasilitasi kita dengan tunjangan, kesehatan, aset, dan lain-lain. Tapi ketika kita sudah tidak berada di perusahaan tersebut, masihkah perusahaan peduli dengan kita?

Untuk itu, bagi karyawan yang sedang bekerja pada suatu perusahaan, mulailah untuk membangun bisnis anda sendiri. Sisihkanlah pendapatan yang anda terima untuk modal memulai bisnis. Jangan biarkan perusahaan menentukan nasib anda ke depan. Kesuksesan ada di tangan anda masing-masing.

2. Mulailah Dari Hal Yang Disukai

Jika anda bingung ingin memulai bisnis dari mana. Maka jawabannya adalah mulailah bisnis dari hal yang anda sukai. Karena jika kita menyukai suatu hal dan kita jadikan untuk bisnis maka kita tidak akan bosan akan hal tersebut. Contohnya anda hobi memasak maka bukalah usaha kuliner, anda hobi di bidang fashion maka bukalah usaha butik, anda hobi otomotif maka bukalah usaha bengkel.

Dengan mengarahkan hobi anda ke arah bisnis, maka anda akan menciptakan hal yang menyenangkan sekaligus menghasilkan.

3. Kuasai Hal Yang Anda Sukai

Jika sudah ditentukan hal yang anda sukai dan mengarahkan ke bisnis, lalu kuasai bidang tersebut. Carilah lebih banyak referensi yang menyangkut dengan bidang yang anda tekuni. Teruslah belajar tentang bidang tersebut hingga anda mampu menguasainya.

4. Melihat Tren Bisnis Yang Sedang Berkembang

Lihat dan ikutilah tren bisnis yang sedang berkembang pada saat ini. Dengan kata lain anda harus up to date dengan tren bisnis. Sekarang ini yang sedang menjadi tren adalah bisnis online, karena peluang pasarnya sangat luas dan tidak terbatas. Jika anda menolak untuk mengikuti tren bisnis yang sedang berkembang, maka anda akan kesulitan untuk menjalankan bisnis anda.

5. Berpikir Kreatif

Berpikirlah hal yang jarang dipikirkan oleh orang lain atau think out of the box. Buatlah hal yang membedakan anda dari orang lain, kemudian tonjolkanlah hal tersebut. Itu yang akan menjadi ciri khas anda yang bisa diingat oleh pelanggan atau masyarakat. Contohnya bisnis tahu bulat, itu adalah hal yang sangat kreatif. Mereka menjual tahu tidak seperti pedagang tahu lainnya. Mereka memakai mobil box terbuka untuk menjual tahu dan digoreng pada saat orang memesan sehingga tahu yang dipesan sudah pasti hangat. Ini yang membedakan pebisnis tahu bulat dengan pebisnis tahu yang lainnya.

6. Cari Peluang Pasar

Carilah peluang pasar dengan cara melakukan observasi terhadap permintaan pasar. Hal apa yang dibutuhkan oleh masyarakat, dan segmen mana yang mau kita tuju. Segmen pasar bisa ditentukan dari produk yang kita jual itu mengarah ke konsumen yang seperti apa. Contohnya menjual produk susu bayi pasti segmen yang dituju adalah ibu-ibu yang memiliki anak. Nah, dengan demikian kita mengetahui peluang yang ada di suatu tempat pemasaran. Berapa yang menjual susu bayi pada tempat tersebut, jika sedikit atau tidak ada sama sekali maka itu berpeluang besar bagi kita untuk membuka bisnis susu bayi di tempat tersebut.

7. Fokus Pada Satu Bisnis Terlebih Dahulu

Jika sedang menjalani suatu bisnis, fokuslah pada bisnis tersebut sampai bisnis tersebut sukses. Jangan memulai bisnis baru ketika kita sedang menjalani bisnis yang belum berjalan lancar. Karena hal itu bisa menghambat kita untuk mengembangkan bisnis. Sebenarnya bisa saja orang membangun 2 atau lebih bisnis secara bebarengan tergantung kemampuan orang tersebut, tetapi hal ini lebih besar resikonya dibanding dengan fokus menjalankan 1 bisnis terlebih dahulu.

8. Berani Melangkah

Jangan hanya sekedar rencana dan wacana, mulailan melangkah. Karena kita tidak akan tahu apa yang terjadi ke depan jika kita tidak mencoba. Ketika kita hanya berpikir ingin membuat bisnis ini itu tetapi tidak dilakukan atau tidak ada action maka hal itu hanya sebatas mimpi dan keinginan, tidak akan menjadi kenyataan. Wujudkan pemikiran anda menjadi sebuah action. Untuk berbagai kemungkinan dan resiko yang terjadi itu masalah nanti, yang penting lakukan..!

9. Terima Masukan Dari Orang Lain

Jangan bersikap tertutup dengan masukan orang lain, karena masukan orang lain bisa membantu kita untuk menjadi lebih baik. Jika kita egois dan lebih mementingkan pendapat pribadi maka kita akan lebih sedikit belajar. Memang meiliki pendirian sendiri itu tidak ada salahnya, tetapi lebih baik lagi jika kita terbuka akan nasihat dari orang lain.

10. Lakukan Pencatatan Keuangan

Lakukanlah pencatatan keuangan anda. Mulai dari modal, pengeluaran, penghasilan, laba-rugi, dan laporan keuangan bulanan. Sehingga anda bisa mengetahui dan mengontrol perkembangan bisnis anda. Jika anda tidak melakukan pencatatan, anda akan kesulitan untuk mengetahui bisnis yang anda lakukan itu menghasilkan laba atau rugi, dan jika laba berapa besar labanya.

11. Bedakan Dana Bisnis Dengan Dana Pribadi

Jangan gabungkan dana untuk bisnis dan dana pribadi, hal ini mempermudah kita mengontrol aset bisnis kita. Jika kita ingin menggunakan dana untuk kebutuhan pribadi ambilah dana dari sumber dana pribadi dan jangan dari dana bisnis. Gunakan dana bisnis untuk keperluan bisnis dan untuk mengembangkan bisnis. Jika bisnis sudah menghasilkan laba yang menurut anda lumayan dan stabil setiap bulannya barulah anda menentukan berapa persen yang bisa anda ambil untuk anda pribadi.

12. Lakukan Evaluasi Bisnis

Selalu lakukan evaluasi bisnis yang sedang dijalankan. Hal apa yang menjadi kekurangan pada bisnis anda. Kemudian pelajari, dan temukan solusinya.

13. Berani Terima Resiko Terburuk

Jangan takut pernah takut gagal. Semua pebisnis yang sudah sukses 100% pernah mengalami kegagalan. Hal yang perlu diingat adalah kita harus bangkit setelah terjatuh. Jika terjatuh lagi, maka bangkit lagi. Jika kita memulai bisnis tapi takut akan kerugian maka selamanya kita tidak akan bisa berbisnis. Semakin kita menemui kegagalan, semakin banyak solusi yang kita punya untuk menghadapi permasalahan.

14. Belajar Dari Kesalahan

Ketika gagal dan bangkit, kita lihat pada diri kita sendiri. Apa yang menjadi penyebab kegagalan yang terjadi pada bisnis kita. Jika sudah mengetahui apa yang menjadi penyebab kita gagal, maka perbaiki untuk ke depannya dan coba lagi.

15. Pantang Menyerah

Jangan pernah menyerah. Jika kita menyerah maka itu akhir perjuangan kita dan kita akan semakin jauh dari kesuksesan. Teruslah mencoba banyak cara untuk menjadi sukses. Pikirkan juga berapa uang yang sudah kita gunakan, berapa besar usaha yang kita keluarkan, jangan biarkan itu menjadi sia-sia. Jadi kita harus keep going, teruslah melangkah dan mencoba sampai berhasil.

16. Kembangkan Bisnis

Jika bisnis anda sudah berjalan, lakukanlah ekspansi. Bukalah cabang di tempat lain yang memadai. Atau jika kita tidak melakukan ekspansi, mengembangkan bisnis bisa dengan cara menjual produk lain yang berkaitan dengan produk utama, atau memperbaiki tampilan ruko, dan masih banyak lagi cara yang lain. Yang pasti bisnis anda harus berkembang dari waktu ke waktu, jangan sampai berhenti pada suatu level yang anda anggap itu aman.

17. Cari SDM Berkualitas

Carilah SDM yang berkualitas dan mampu bekerja pada bidang bisnis anda. Tidak hanya kompeten, tetapi akan lebih baik lagi SDM yang memiliki atitude yang bagus. Karena percuma jika memiliki SDM yang kompeten tetapi tidak jujur, itu akan merugikan kita sendiri.

18. Kontrol Perkembangan Bisnis

Lakukan pengawasan terhadap bisnis yang dijalankan, baik itu dari segi SDM nya, operasionalnya, keuangannya, dan keamanannya. Jangan sampai lengah hanya karena bisnis kita sudah berjalan dengan sendirinya. Paling tidak lakukanlah audit setiap bulannya atau dalam periode tertentu.

19. Pahami Kompetisi

Jangan tutup mata akan persaingan. Dimana pun bisnis yang kita bangun dan berapa lama pun bisnis kita jalankan, pasti akan selalu ada yang namanya pesaing. Pahami kompetisi yang terjadi di lingkungan bisnis anda, kemudian antisipasi semua hal yang menurut anda mengancam bisnis anda.

20. Jangan Mudah Puas

Ketika bisnis kita sudah sukses, jangan mudah puas. Teruslah kembangkan bisnis anda atau buatlah bisnis yang baru lagi. Jangan batasi kesuksesan anda. Selama kita masih bisa terbang, maka terbanglah lebih tinggi lagi.

Demikian adalah tips-tips jitu untuk memulai bisnis baru bagi pemula yang dirangkum oleh BisnisUang.Com. Semoga dapat bermanfaat bagi anda. Semoga berhasil dan selamat mencoba memulai bisnis. Kesuksesan ada di tangan anda.

  1. Dian Dian

    Sangat menginspirasi sekali.. mudah dmengerti

    • bisnisuang bisnisuang

      Terima kasih feed back nya. Semoga bermanfaat..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *